Selamat Datang... di Website Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Balikpapan

Tenun Batik Balikpapan dalam Indonesia Fashion Week 2017

Tuesday - 14 Februari 2017 - Dibaca: 745 kali

Busana Tenun Batik khas Kota Balikpapan kini unjuk keindahan karya di ajang peragaan busana bergengsi di Indonesian Fashion Week 2017, Sabtu (4/2) lalu. Acara pekan mode terbesar di Indonesia yang menghadirkan karya-karya terbaik para desaigner dalam dan luar negeri dimanfaatkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Balikpapan untuk meningkatkan promosi, branding dan pengetahuan tentang karya seni kriya dan batik dengan membawa sekaligus pengrajin Kota Balikpapan. Ditengah-tengah pertunjukan busana karya desaigner mancanegara, pengrajin Kota Balikpapan, Rumah Ampiek, menampilkan kain busana tenun batik (tebat) khas Balikpapan. 

Tercatat sebanyak 400 peserta pameran dan 25 peragaan busana dari 210 perancang busana yang hadir dalam IFW 2017 dengan tema Celebrations of Culture . “Kami mengambil tema Celebrations of Culture karena kami memang selalu ingin angkat kain tradisional dalam bentuk yang lebih kini. Acara ini dinantikan insan mode karena bukan hanya desainer, pengusaha pun turut terlibat. Pergelaran ini nantinya ada stan sepatu, baju, beauty, bahkan bahan baku,” ujar Ivan Gunawan selaku Creative Director IFW 2017. Presiden IFW 2017, Poppy Dharsono mengungkapkan, ajang ini bertujuan memahami kekuatan yang dimiliki penggiat mode Indonesia untuk mendukung pemerintah dalam mempromosikan 10 destinasi wisata unggulan. IFW diharapkan dapat menjadi jembatan bagi perajin, fashion craft, dan desainer untuk melindungi budaya serta sejarah Indonesia. "Fashion tidak lagi sekadar tampil apik di kemasan luarnya, tetapi juga memiliki kearifan dan kepedulian terhadap sosial, budaya, dan ling kungan,” ujar Poppy. “

Selain "Rumah Ampiek" yang memamerkan tenun Batiknya, Dian Pelangi, Barli Asmara, Ivan Gunawan, Zaskia Sungkar, Ria Miranda, dan Ghea Panggabean juga ikut memamerkan karya meraka dalam event ini (/je)

Copyright © 2014 - DEKRANASDA KOTA BALIKPAPAN
Jl. Ruhui Rahayu No. 07 Balikpapan
Telp. 0542-8879235 Fax: 0542-8879235
0