Selamat Datang... di Website Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Balikpapan

Program Beasiswa Tahun 2016 Bagi Keluarga PENGRAJIN IKM

Friday - 20 Mei 2016 - Dibaca: 813 kali

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia memberikan program beasiswa kepada siswa/i tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA/SK) berprestasi yang memiliki latar belakang keluarga pengrajin IKM atau Wirausahawan. Program Beasiswa tersebut sebagai salah satu langkah mempercepat pertumbuhan industri kecil dan menengah di seluruh Indonesia dengan mempersiapkan Tenaga Penyuluh lapangan sebagai calon wirausahaan dan pembina IKM.

Penerima beasiswa akan menjalani kuliah selama 3 tahun (6 semester) setara dengan Program Diploma III atau selama 4 tahun (8 Semester) setara dengan Program Diploma IV di unit pendidikan lingkungan Kementrian Perindustrian.

Adapun beasiswa yang diberikan sebagai berikut :

  1. Bantuan Transport dari daerah yang bersangkutan ke unit pendidikan di lingkungan Kementerian Perindustrian, Pulang-Pergi.
  2. Bantuan Biaya Hidup.
  3. Biaya Kuliah/Praktek
  4. Bantuan Buku.
Setelah lulus, alumni penerima beasiswa akan ditempatkan sebagai Tenaga Penyuluh Lapangan IKM di Kabupaten/Kota masing-masing dengan sistem kontrak selama dua tahun. Selama masa kontrak tersebut, alumni juga akan memperoleh honorarium dan biaya operasional. Usai menjalani masa kontrak, yang bersangkutan diharapkan dapat mandiri sebagai wirausaha atau sebagai tenaga konsultan IKM di daerah yang bersangkutan, dan tidak lagi menjadi tanggungan Kementerian Perindustrian.
Apapun unit pendidikan Kementerian Perindustrian yang berpartisipasi dalam program beasiswa ini adalah Politeknik STT Bandung, Politeknik ATK Yogyakarta, Politeknik ATI Padang, Politeknik ATI Makassar, dan Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan.
 
Pendaftaran ditutup tanggal 15 Juni 2016 (cap pos).

Informasi lebih lanjut (download Lampiran) klik di sini

 

Sumber berita : Kementrian Perindustrian 

Copyright © 2014 - DEKRANASDA KOTA BALIKPAPAN
Jl. Ruhui Rahayu No. 07 Balikpapan
Telp. 0542-8879235 Fax: 0542-8879235
0