Selamat Datang... di Website Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Balikpapan

Makna Motif dan Corak Batik Khas Balikpapan

16 Maret 2016 - Dibaca: 4819 kali

AKAR PAKIS
   
Pakis merupakan salah satu jenis tanaman pohon yang memiliki dua jenis warna batang pakis, yaitu hitam dan coklat. Pakis hitam tidak asing dijadikan sebagai media tanam. Bahkan bisa digunakan sebagai media tanam berbentuk lempengan persegi yang siap pakai. Media tanam pakis membuat perakaran tanaman tetap terlindung dari hama untuk jangka waktu lama. Juga mengandung unsur hara sebagai suplemen penambah nutrisi tanaman. Bertekstur lunak sehingga akar tanaman tumbuh lebih leluasa. Juga, memiliki daya tahan lebih lama dengan daya lapuk relatif lama yang terjadi secara perlahan.

 

BERUANG MADU 

   

Beruang Madu (Helarctos Malayanus) adalah Maskot Kota Balikpapan. Merupakan spesies beruang terkecil di dunia dan juga salah satu yang paling unik. Memiliki ciri khas bulu putih di bagian dadanya yang berbentuk U dan merupakan hewan langka yang dilindungi. Populasi Beruang Madu secara drastis menurun karena terancam oleh perburuan dan hilangnya habitat alami mereka.

 
 MANGROVE
   
Hutan Mangrove disebut juga Hutan Bakau, adalah hutan yang tumbuh di air payau. Banyak ditemukan di Balikpapan dan Kalimantan Timur. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawa dari hulu.Fungsi dan Manfaat Hutan Mangrove sangat penting bagi ekosistem hutan, air dan alam sekitarnya. 
   
   
   
   
   

 

Copyright © 2014 - DEKRANASDA KOTA BALIKPAPAN
Jl. Ruhui Rahayu No. 07 Balikpapan
Telp. 0542-8879235 Fax: 0542-8879235
0